Tips Agar tidak mengantuk saat berkendara

First slide

Salah satu faktor yang sering menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya

adalah hilangnya kosentrasi mengemudi dimana salah satu penyebabnya adalah rasa kantuk. Kondisi ini sering kita temui terutama dari supir bus jarak jauh maupun supir angkutan barang yang melayani rute yang jauh. Hilangnya konsentrasi yang sering ditemui adalah melamun, rasa lelah/ kondisi fisik tidak fit sehingga tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Dan datangnya rasa kantuk yang teramat sangat. Berkaitan dengan rasa kantuk memang terdengar seperti hal yang sepele, namun perlu diketahui faktor rasa kantuk masih menjadi penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas saat ini.

Beragam cara ditempuh oleh pengendera baik pengendara mobil ataupun motor agar tidak merasakan ngantuk di jalan, salah satunya adalah beristirahat atau minum secangkir kopi yang mengandung kafein untuk mengurangi rasa kantuk. Memang ketika rasa kantuk itu datang, semua konsentrasi seakan-akan lenyap dan hilang sesaat. Walaupun dalam waktu sesaat, Keadaan seperti ini yang berlangsung secara berulang-ulang karena tidak menyempatkan diri istirahat sejenak sudah dipastikan akan mengancam keselamatan diri dan pengendara lainnya.

Nah berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk dan menjaga konsentrasi saat berkendara seperti yang saya kutip dari salah satu postingan member kaskus, silahkan disimak :

1. Mandi, cuci muka dan pemanasan
Pastikan tubuh terasa bugar sebelum berangkat. Lakukan apa yang dirasa mesti dilakukan. Misalnya, mandi atau mencuci muka sebelum berangkat (ini membuat Anda lebih segar), atau melakukan sedikit pemanasan. Yang belakangan bukan saja berfungsi meningkatkan kewaspadaan, melainkan juga membantu melemaskan otot-otot yang tegang.

2. Jangan melamun.
Hal ini sangat penting bagi anda saat berkendara. Ketika berada di jalan, jangan biarkan diri Anda larut dalam lamunan atau memikirkan hal-hal lain. Fokuskan daya konsentrasi pada perjalanan yang Anda tempuh. Perhatikan kondisi jalan, lingkungan sekitar, dan tentu saja rambu-rambu lalu-lintas. Karna saat anda larut dalam lamunan hal ini dapat menghilangkan kosentrasi dimana saat anda berkendara

3. Makan dan minum secukupnya
Isi perut Anda! Makan dan minumlah secukupnya sebelum mengemudi. Tetapi ingat, jangan meminum alkohol atau minuman yang bersifat merangsang adrenalin. Jangan biarkan perut anda kosong saat berkendara, apa lagi terisi sangat penuh.

4. Jangan makan makanan yang menyebabkan kantuk
Beberapa makanan justru dapat menyebabkan kantuk dan membuat Anda tidak berhenti membuat anda menguap. Meskipun begitu makanan ini juga perlu untuk tubuh, pastikanlah porsi yang kita makan sesuai dan habis menjadi energi agar tidak mengantuk. Beberapa makanan yang menyebabkan kantuk, diantaranya :
a. Pisang
b. Susu.
c. Almond.
d. Ceri.
e. Teh.
f. Oatmeal.
g. Sarapan manis-manis.
h. Anggur merah.

5. Hindari obat-obatan yang menyebabkan kantuk.
Hal ini sering kali terjadi pada diri kita, disaat kita sedang sakit lalu kita ingin berkendara, lantas kita meminum obat tanpa membaca kemasan dari obat tersebut, dan meminta saran dari dokter. kenali dahulu obat yang akan anda minum, dan pastikan obat itu tidak berbahaya pada saat anda berkendara.

6. Jika sudah terlanjur mengantuk.
Jika rasa kantuk tak tertahankan, segera menepi di tempat yang aman. Anda bisa mengunjungi rumah makan atau warung kopi (Anda boleh menyesap sedikit kopi panas). Dan lebih baik Anda mencuci muka lagi.

7. Cara efektik.
Tetapi sesungguhnya, cara paling efektif untuk memerangi kantuk adalah dengan meminum kopi, lalu tidur sebentar selama 15 menit, lalu. Cara itu lebih ampuh ketimbang, misalnya, mendinginkan udara, tidur sejenak, istirahat tanpa tidur, maupun meminum 200mg kopi seduh. Tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine, sementara kafein butuh waktu 20 menit untuk bisa memengaruhi secara psikologis.

Sekian postingan singkat Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Berkendara, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Be Careful:)

Sumber Artikel : kaskus.co.id

https://www.facebook.com/pages/Radana-Finance/453355628114189