Selenggarakan RUPST dan RUPS LB, PT Radana Bhaskara Finance Sambut Direksi Baru

First slide

Jakarta, 07 Mei 2018 - Seperti tahun-tahun sebelumnya , PT Radana Bhaskara Finance Tbk kembali menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) pada Hari  Senin, 07 Mei 2018 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Mercure, Jl. RA. Kartini, Lebak Bulus – Jakarta Selatan. Acara yang dipimpin oleh Bapak Saidinur Anwar selaku Komisaris Utama (saat RUPST) dan Bapak Handoyo Soebali selaku Komisaris Independen (saat RUPS LB) ini beragendakan diantaranya: Persetujuan dan pengesahan Laporan Tahunan Perseroan tahun buku 2017, Penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2017, Penunjukan Akuntan Publik yang akan mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018, dan pemberian wewenang untuk menetapkan honorarium Akuntan Publik serta persyaratan lainnya, Pengangkatan dan pengangkatan kembali anggota Direksi, pengangkatan kembali Dewan Pengawas Syariah dan pengangkatan kembali Dewan Komisaris Perseroan, Penentuan gaji, honorarium dan tunjangan lainnya bagi anggota Direksi  dan Dewan Komisaris.

 

RUPST dan RUPS LB tersebut juga merupakan salah satu rangkaian acara tahunan untuk menentukan kebijakan serta langkah strategis perusahaan dalam pengambilan suatu keputusan untuk kelangsungan perusahaan.  Rapat ini juga merupakan sebuah forum, dimana para pemegang saham memiliki kewenangan untuk memperoleh keterangan-keterangan mengenai Perseroan baik dari Direksi maupun Dewan Komisaris. Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi, Dewan Komisaris, Komite Audit serta para pemegang saham PT Radana Bhaskara Finance Tbk.

 

Acara RUPS Tahunan menghasilkan keputusan diantaranya:

  1. Menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2017, termasuk di dalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan, dan Laporan Keuangan Perseroan, serta memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et decharge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan yang menjabat pada tahun 2017, atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dilakukan, sepanjang tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan tersebut.
  2. Menyetujui penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2017 sebagai berikut:

-          Tidak membagikan dividen tunai kepada para pemegang saham Perseroan;

-          Laba tahun berjalan Perseroan tahun buku 2017 sebesar Rp. 17.858.109.000,00 dimasukkan dan di bukukan sebagai laba di tahan, untuk menambah modal kerja Perseroan

  1. Menyetujui untuk menunjuk Akutan Publik “Purwantono, Sungkoro & Surja” , yang akan mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018, dan memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris Perseroan, untuk menetapkan honorarium Akuntan Publik tersebut berikut syarat-syarat penunjukannya termasuk pemberhentiannya, serta untuk menunjuk Akuntan Publik pengganti maupun memberhentikan Akuntan Publik yang telah ditunjuk, bilamana karena sebab apapun juga, maupun berdasarkan ketentuan Pasar Modal di Indonesia Akuntan Publik yang telah ditunjuk tersebut tidak dapat melakukan/menyelesaikan tugasnya.
  2. Mengangkat kembali :
  • Ibu EVY INDAHWATY selaku Direktur Utama (Independen);
  • Bapak ANDOKO selaku Wakil Direktur Utama;
  • Mengangkat kembali seluruh anggota Dewan Komisaris dan anggota Dewan  Pengawas Syariah; Efektif terhitung sejak ditutupnya Rapat ini
  1. Mengangkat Bapak HENRI GUNAWAN selaku Direktur, dan menegaskan pengangkatan Bapak ANANG HARYANTO  selaku Direktur, yang berlaku efektif terhitung sejak tanggal dikeluarkannya penetapan kelulusan penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan
  2. Menetapkan susunan anggota Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat ini sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tahun 2021, adalah sebagai berikut :

Direksi :

Direktur Utama (Independen)               : Nyonya Evy Indahwaty

Wakil Direktur Utama                           : Tuan ANDOKO

Direktur                                              : Tuan ANANG HARYANTO *)

Direktur                                              : Tuan HENRI GUNAWAN *)

Dewan Komisaris :

Komisaris Utama                                 : Tuan SAIDINUR

Komisaris                                            : Tuan KASIM ZAINAL

Komisaris Independen                         : Tuan HANDOYO SOEBALI

Dewan Pengawas Syariah :

Ketua                                                  : Tuan H. IKHWAN ABIDIN BASRI, MA M.Sc

Anggota                                               : Tuan Dr. MUHAMMAD MAKSUM, MA

*)Pengangkatan Tuan HENRI GUNAWAN dan Tuan ANANG HARYANTO masing-masing sebagai Direktur Perseroan berlaku efektif sejak tanggal dikeluarkannya penetapan lulus penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan

  1. Memberikan wewenang dan kuasa kepada Direksi Perseroan, dengan hak substitusi, untuk menuangkan/menyatakan keputusan mengenai susunan anggota Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah Perseroan tersebut di atas dalam akta-akta yang dibuat dihadapan Notaris, termasuk menuangkan/menyatakan susunan Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah Perseroan, baik setelah ditutupnya Rapat ini maupun setelah memperoleh penetapan kelulusan penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan terkait keputusan Rapat ini, dan selanjutnya memberitahukannya pada pihak yang berwenang, serta melakukan semua dan setiap tindakan yang diperlukan sehubungan dengan keputusan tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Memberikan wewenang dan kuasa kepada PT. TIARA MARGA TRAKINDO selaku pemegang saham utama Perseroan untuk menetapkan gaji dan/atau tunjangan lainnya bagi anggota Dewan Komisaris Perseroan, dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi  Perseroan, serta memberikan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan gaji dan/atau tunjangan bagi anggota Direksi Perseroan dan Dewan Pengawas Syariah,  dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan.

 

Acara RUPS LB tahun 2016 ini pun juga menghasilkan beberapa keputusan rapat diantaranya:

  1. A.  Menyetujui tindakan yang akan dilakukan Direksi Perseroan untuk menjaminkan sebagian

              besar atau seluruh aset Perseroan dalam rangka perolehan pinjaman dan/atau pendanaan

              baik dari   dalam maupun luar negeri selama jangka waktu sejak ditutupnya Rapat ini sampai

              dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tahun 2019,

               dengan nilai penjaminan serta syarat dan ketentuan yang dipandang baik oleh Direksi

               Perseroan;

     tindakan yang diperlukan sehubungan penjaminan aset Perseroan sebagaimana dimaksud di atas.

  1. A.  Menyetujui rencana Perseroan untuk menerbitkan obligasi atau Medium Term Notes (MTN)

        atau surat hutang lainnya dengan nilai serta syarat dan ketentuan yang dipandang baik oleh Direksi Perseroan, dan dengan memperhatikan kebutuhan Perseroan berdasarkan pertimbangan Direksi Perseroan, selama jangka waktu sejak ditutupnya Rapat ini sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tahun 2019, termasuk dengan menjaminkan sebagian besar atau seluruh aset Perseroan, sehubungan dengan penerbitan obligasi atau Medium Term Notes (MTN) atau surat hutang lainnya tersebut.

        B.  Memberi kuasa dan wewenang dengan hak substitusi kepada Direksi untuk melakukan segala

              tindakan yang diperlukan sehubungan penerbitan obligasi atau Medium Term Notes (MTN)

              atau surat hutang lainnya sebagaimana dimaksud di atas.

 

Dengan terselenggaranya acara ini, PT Radana Bhaskara Finance Tbk turut menyambut Direksi Baru yaitu Bapak Henri Gunawan selaku Direktur Perseroan (Direktur Keuangan) sekaligus mengubah struktur yang ada, yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja PT Radana Bhaskara Finance Tbk dalam menghadapi segala tantangan bisnis yang ada di tahun 2018 serta memberikan profit yang maksimal bagi perusahaan, pemegang saham dan seluruh pemangku kepentingan.